You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Srimulyo

Kec. Piyungan, Kab. Bantul, Prov. DI Yogyakarta

Bantuan Sosial APBD Sampai di Tahap Terakhir Penyaluran


Bantuan Sosial APBD Sampai di Tahap Terakhir Penyaluran

Piyungan, (Srimulyo Post),- Bantuan Sosial APBD Kabupaten Bantul Tahap III Periode Agustus - Oktober 2020 telah disalurkan hari ini. “Bantuan Sosial yang disalurkan hari ini adalah tahap terakhir untuk periode bulan Agustus sampai dengan Oktober 2020,” terang Ismantara, Kepala Seksi Pelayanan Desa Srimulyo (15/10/2020). Jumlah Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Sosial kali ini terdiri atas 80 KPM yang berasal dari data yang dihimpun Pemkab bantul melalui OPD terkait dan sebagian merupakan usulan desa yang telah melalui verifikasi dan musdes oleh Pemerintah Desa dan BPD.

Berbagai upaya dilakukan untuk lepas dari keterpurukan ekonomi pasca pandemi ini, baik oleh Pemerintah Desa Srimulyo melalui BLT-DD maupun Pemerintah Kabupaten Bantul melalui kegiatan Bansos APBD yang sudah dilaksanakan sejak bulan Mei yang lalu. Sehingga persis Bansos APBD ini sudah enam bulan disalurkan kepada KPM yang terdaftar. Penyaluran dibantu peran serta dari Bank BPD DIY sebagai bank penyalur serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pendamping PKH Kecamatan Piyungan sebagai verifikator data penerima.

Penyaluran bantuan sosial berlangsung dengan tertib dan dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Seperti Srimulyo biasanya, warna digital begitu tampak dalam penataan antrian melalui antrian digital untuk menertibkan kerumunan massa dan jam pengambilan pun telah diatur secara shift, yakni 20 orang setiap 15 menit.

"Dari 80 (delapan puluh) undangan yang disampaikan, telah tersalur sebanyak 79 (tujuh puluh sembilan) KPM sehingga menyisakan satu KPM yang belum dapat disalurkan karena kekurangan berkas administrasi saat pengambilan. Namun Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul masih memberikan keleluasaan untuk mengambil langsung di dinas (Dinas Sosial P3A Bantul)" ujarnya.

(Foto: Abang Jimmy, Kontributor: Je)

Bagikan artikel ini: