Berita Desa

Pelaksanaan Kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) Regsosek Tahun 2023

03 Mei 2023
Administrator
Dibaca 1.230 Kali
Pelaksanaan Kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) Regsosek Tahun 2023

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Selasa (2/5) BPS Kabupaten Bantul bersama Pemerintah Kalurahan Srimulyo lakukan Forum Konsultasi Publik (FKP) Regsosek Tahun 2023 di ruang Lurah Srimulyo. Acara tersebut dihadiri oleh Perwakilan BPS Kabupaten Bantul, Lurah Srimulyo, Babinsa, Babinkantibmas dan tamu undangan. Kegiatan FKP Regsosek ini melibatkan pengurus RT/RW dan tokoh masyarakat sebagai peserta.


FKP adalah kegiatan lanjutan dari Pendataan Awal Regsosek 2022, dengan tujuan utama untuk memperoleh daftar keluarga yang sudah diverifikasi kelompok kesejahteraannya dan disepakati bersama. Kesepakatan yang melibatkan masyarakat ini sebagai bentuk transparansi, kontrol sosial, serta partisipasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas data.



FKP sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 2-21 Mei 2023 . Dalam pelaksanaan FKP, BPS membutuhkan dukungan pemerintah daerah khususnya terkait koordinasi dengan seluruh jenjang pemerintahan baik di level Kapanewon dan Kalurahan, penggunaan fasilitas Kapanewon dan Kalurahan sebagai tempat penyelenggaraan FKP serta penugasan Lurah untuk menjadi fasilitator FKP di wilayah masing-masing. FKP Regsosek ini sangat penting karena data yang dihasilkan bakal dijadikan basis kebijakan berbagai program untuk masyarakat seperti mengatasi kemiskinan dan pengentasan stunting.



Dalam sambutannya, Lurah Srimulyo, Drs. Wajiran memastikan FKP Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang dilaksanakan bisa berjalan maksimal sehingga menghasilkan data berkualitas dan riil sesuai kondisi lapangan.



“Saya berharap proses FKP Regsosek di wilayah Srimulyo bisa dilaksanakan dengan maksimal, sehingga data yang dihasilkan sesuai dengan kondisi riil masyarakat,” ujar Drs. Wajiran.



Disela-sela acara dilakukan pemaparan tentang bagaimana pengisian form pendataan dimana dokumen tersebut bersifat sangat rahasia dan tidak boleh dipublish atau didokumentasikan. Kegiatan hari ini sangat lancar dan antusias peserta yang sangat tinggi dan ditutup pada pukul 12.00 WIB. (Foto: Inoeng, Kontributor: Imana)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image