Berita Desa

Field Day Tembakau Grompol (DBHCHT) 2023 Kalurahan Srimulyo

14 September 2023
Administrator
Dibaca 91 Kali
Field Day Tembakau Grompol (DBHCHT) 2023 Kalurahan Srimulyo

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Kelompok Tani Murwat Jolosutro, Srimulyo yang menjadi mitra PT Taru Martani lakukan panen perdana tembakau jenis grompol, Rabu (13/9). PT Taru Martani sendiri merupakan BUMD milik DIY yang selama ini fokus pada pengolahan tembakau yang menjadi bahan baku cerutu.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di Bulak Jolosutro, Srimulyo, Piyungan  Rumah Bapak Rusdiono tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, PT Tarumartani, Panewu Piyungan, Ketua APTI Kabupaten Bantul, Ketua Gapoktan se Kapanewon Piyungan, Ulu-Ulu Srimulyo, Lembaga Desa Budaya srimulyo (Gandhewa kencana) serta Kelompok Tani Murwat Jolosutro.

 

Kegiatan Panen ini dengan memetik pohon tembakau jenis grompol dengan Luas lahan demplot 2 ha dan jumlah petani pelaksana 10 orang. Tembakau yang dipetik berdasarkan ubinan dengan perkiraan 1 Pohon terdapat 22 daun tembakau seberat kurang lebih 1,55 kg. Petani yang telah melakukan penanaman tembakau ini mendapakan Bantuan langsung tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Kabupaten Bantul. (Foto : Inoeng, Kontributor: Imana)

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image