Berita Desa

Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Kalurahan Srimulyo

19 Juni 2024
Administrator
Dibaca 60 Kali
Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Kalurahan Srimulyo

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Menindaklanjuti surat edaran dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia nomor: Hk.02.02/B/716/2024 Tentang Pelaksanaan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting, Jumat (14/6) Pemerintah Kalurahan Srimulyo bersama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Bantul, Puskesmas Piyungan, dan Forkompinkap Kapanewon Piyungan menggelar kegiatan Posyandu di Padukuhan Ngelosari.

 

Kegiatan ini menjadi bagian dari gerakan pencegahan stunting melalui pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi, validasi, dan intervensi bagi calon pengantin, ibu hamil, dan balita secara berkelanjutan. Dalam kegiatan dipimpin langsung oleh lurah kalurahan Srimulyo juga dihadiri oleh panemu kapanewon Piyungan.

 

Adapun pelaksanaan intervensi ini meliputi penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi/Panjang badan  balita, pengukuran LiLA ibu hamil, dan pemeriksaan catin oleh kader kesehatan di Posyandu. Ibu hamil harus datang ke posyandu terdekat guna melakukan pemeriksaan terkait masalah gizi awal. Jika terdeteksi masalah gizi awal,dengan ukuran LiLA <23,5 cm, mereka akan mendapatkan rujukan ke puskesmas. Balita yang terdeteksi masalah gizi dengan berat badan rendah, gizi kurang dan pendek dilakukan rujukan ke Puskesmas untuk pemeriksaan lebih lanjut.Target kegiatan ini 100% balita, ibu hamil dan Catin datang ke Posyandu untuk dilakukan pengukuran dan pemeriksaan.

 

Dengan demikian, kegiatan Posyandu di Kalurahan Srimulyo merupakan langkah konkret dalam upaya pencegahan stunting dan peningkatan kesehatan bagi calon pengantin, ibu hamil, dan balita. Diharapkan bahwa melalui kegiatan ini, kesadaran akan pentingnya pemantauan kesehatan terus meningkat, serta masyarakat semakin teredukasi mengenai upaya pencegahan stunting. (Foto: Murjilah, Kontributor: Imana)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image