Profil Desa

11 April 2017 13:29:29 WIB

Desa Srimulyo terletak di Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Srimulyo terletak di wilayah yang sangat strategis, karena diapit oleh dua desa lain di kecamatan Piyungan dan menjadi gerbang menuju Kabupaten Gunungkidul yang menjanjikan potensi di sektor pariwisata. Selain letak wilayahnya, Desa Srimulyo memiliki potensi untuk menjadi desa mandiri yang dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di cakupan provinsi D.I. Yogyakarta maupun cakupan nasional. Potensi tersebut sangat ditunjang oleh keberadaan potensi sumberdaya alam hayati yang kaya dan tersebar merata di hampir seluruh wilayah Desa Srimulyo. Potensi sumber daya alam di Desa Srimulyo dapat diolah dan dikelola lebih lanjut guna menghadirkan produk berupa makanan hingga atraksi pariwisata alam yang semuanya tentu berperan sangat penting dalam rangka pengembangan dan pembangunan di Desa Srimulyo secara khusus dan wilayah Kabupaten Bantul secara umum.

Secara definitif, desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat. Berlandaskan definisi tersebut, dalam rangka penyediaan informasi dan data desa baik sumber daya alam, manusia, kelembagaan, sarana dan prasarana, serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa. Akses tersebut diharapkan mampu menjadi landasan dalam konteks pengembangan Desa Srimulyo.

Profil desa yang ada tentu melingkupi berbagai informasi yang lengkap terkait pengembangan Desa Srimulyo, dengan tujuan mempermudah penyampaian informasi kepada masyarakat luas, maka dibuat media komunikasi berupa peta tematik, supaya seluruh keputusan terkait pengembangan Desa Srimulyo bersifat efektif baik dari sisi biaya, tenaga, maupun waktu. Secara konten, peta tematik pendukung profil Desa Srimulyo relatif lebih mudah untuk dimanfaatkan bagi kepentingan pembangunan. Kemudahan tersebut dikarenakan seluruh informasi tersaji dalam sebuah basis data yang detail berisi informasi letak, jenis potensi SDA, kondisi ketersediaan, dan informasi tentang aksesibilitas atau sarana prasarana pendukung yang tersedia atau terbangun di sekitar potensi tersebut. salah satu program penyajian data spasial dengan teknologi informasi geografis akan sangat membantu penyajian data ini dalam bentuk lebih interaktif, lebih sederhana tetapi kompleks dengan data-data eksisting potensi yang ada. Salah satu syarat agar data potensi sumber daya alam ini dapat dimanfaatkan adalah dengan teknik penyajian profil masing-masing potensi sumberdaya alam yang dimiliki oleh daerah. Kompilasi profil desa yang dilengkapi peta-peta tematik dianggap mampu menjadi landasan informai terkait agenda maupun pelaksanaan segala kegiatan terkait pengembangan Desa Srimulyo untuk menjadi desa yang terdepan baik pada taraf Provinsi D.I.Yogyakarta maupun taraf nasional. Alur pemanfaatan data dan informasi Desa Srimulyo disajikan secara sistematis dalam diagram berikut lampiran pada link.

Dokumen Lampiran : Profil Desa


Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

lagu

https://youtu.be/7OwO6zVXcAE

RPJMDes Desa Srimulyo

Srimulyo Desa Terbaik Partisipasi PTSL di Yogyakarta

Siaran RRI Narasumber Teknologi Informasi Desa

Kunjungi Kami di Sini

Video Mars Desa Srimulyo

Video Profil Desa

Lokasi SRIMULYO

tampilkan dalam peta lebih besar