Berita Desa

Wakil Bupati Bantul Ikuti Panen Raya Tembakau Grompol di Padukuhan Jolosutro

06 Oktober 2023
Administrator
Dibaca 64 Kali
Wakil Bupati Bantul Ikuti Panen Raya Tembakau Grompol di Padukuhan Jolosutro

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Rabu (4/10/2023) Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo menggandeng Tarumartani melakukan kegiatan Panen Raya Tembakau Grompol di Padukuhan Jolosutro, Srimulyo, Piyungan, Bantul.  Hadir pula dalam kegiatan ini, Kepala Dinas DKPP Bantul, Panewu Piyungan,Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon Piyungan, Pemerintah Kalurahan Srimulyo serta para petani tembakau Padukuhan serta tamu undnagan.

Tembakau merupakan salah satu tanaman yang memiliki peluang besar untuk diserap pasar. Terlebih jenis komoditas tembakau grompol bisa menjadi bahan baku dari cerutu, salah satu komoditas unggulan yang dapat memberi kontribusi positif terhadap ekonomi masyarakat Kabupaten Bantul.   

Di kawasan Bantul luas lahan tembakau mencapai 40 hektar pada tahun 2022 dan bertambah menjadi 60 hektar di tahun 2023. Kapanewon Piyungan sendiri ada 4 hektar grompol, dari keseluruhan ada 18 hektar.

Lurah Srimulyo, Drs Wajiran, menyampaikan atas nama Pemerintah Kalurahan Srimulyo, menyambut positif peserta field trip yang dipimpin oleh Wakil Bupati Bantul dan berharap harga tembakau bisa mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Sehingga komoditas ini dapat mewujudkan kesejahteraan secara mandiri bagi warganya. Terlebih para petani di Jolosutro ini banyak potensi budidaya pertanian tembakau yang cukup besar.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, mengapresiasi  pertanian tembakau Grompol yang telah dikembangkan oleh Kelompok Tani Padukuhan Jolosutro ini.

“Saya berharap melalui field day ini akan menjadi wadah yang baik untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman serta solusi strategis dalam perkembangan komoditas tembakau ini. Harapannya ke depan dengan tanaman yang bagus, harganya jangan murah, jadi petani diberi keuntungan agar bisa menanam tembakau secara terus menerus,” ujar Joko Purnomo. (Foto: Inoeng, Kontributor: Imana)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image