Rupiah Melemah, UMKM Terus Bertahan

admindesa 09 Oktober 2018 13:48:37 WIB

Piyungan, (Srimulyo Post),- Naiknya mata uang Dollar di awal bulan September kemarin terus berdampak terhadap anjloknya mata uang Rupiah (9/10/2018). Dollar yang telah menembus di angka Rp.15.100,00 telah berdampak pada naiknya beberapa harga bahan pangan pokok.

Kondisi yang sama juga terjadi di dunia usaha. Beberapa bahan baku mulai merangkak naik. Hal ini membuat khawatir para wirausaha dan pelaku bisnis UMKM. Mereka takut akan terjadinya krisis moneter dan gulung tikarnya usaha yang telah dijalankan seperti di tahun 2007 silam.

Sesuai pantauan Kasi Kesejahteraan Desa Srimulyo Tyas Santosa mengatakan bahwa naiknya Dollar terhadap Rupiah memang ada pengaruhnya di dunia usaha. Meskipun demikian, hal ini tidak terlalu berpengaruh banyak, pelaku usaha masih bisa mensiasatinya. “Beberapa waktu lalu saya meninjau beberapa UMKM yang ada di Srimulyo, salah satunya usaha kerajinan patung dan air mancur di Dusun Cikal. Kegiatannya masih seperti biasa, kenaikan kurs Dollar masih bisa diatasi. Pengusaha masih bisa bertahan di harga lama,” jelas Tyas Santosa. (Foto : Tyas S, Kontributor: Mita AK)

Komentar atas Rupiah Melemah, UMKM Terus Bertahan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

lagu

https://youtu.be/7OwO6zVXcAE

RPJMDes Desa Srimulyo

Srimulyo Desa Terbaik Partisipasi PTSL di Yogyakarta

Siaran RRI Narasumber Teknologi Informasi Desa

Kunjungi Kami di Sini

Video Mars Desa Srimulyo

Video Profil Desa

Lokasi SRIMULYO

tampilkan dalam peta lebih besar