Berita Desa

Soft Launching Taman Aksara Kampung Aksara Pacibita

15 Desember 2021
Administrator
Dibaca 768 Kali
Soft Launching Taman Aksara Kampung Aksara Pacibita

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Soft Launching Taman Aksara Kampung Aksara Pacibita. Taman yang berada di Payak Cilik 01 Padukuhan Bintaran Wetan 06 Srimulyo Piyungan Bantul itu, secara resmi diluncurkan Senin malam, 13 Desember 2021. Dihadiri langsung Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY. Acara tersebut ditandai dengan pembukaan selubung gapura kemudian pemecahan kendi serta wayang Beber. Kampung Aksara di Yogyakarta ada sebanyak 12 kampung Aksara, salah satunya Kampung Aksara Pacibita Payak Cilik Bintaran Wetan, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Turut hadir Kamituwo Kalurahan Srimulyo, Panewu Piyungan dan para komunitas Aksara Jawa di Yogyakarta.

 

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY Dian Lakshmi Pratiwi mengatakan, Taman Aksara Jawa dan Situs Payak yang luar biasa ini menjadi bagian dari kampung aksara. Dari pilot project 12 desa yang ditunjuk, sepuluh di antaranya desa budaya termasuk Srimulyo. Semoga tempat ini menjadi inspirasi pembelajaran bagi kampung lain.

 

Inisiator dan pembina Kampung Aksara Pacibita Akhmad Fikri menambahkan, taman ini merupakan visi dan ambisi sebagai pusat pelatihan dalam pemberantasan buta aksara Jawa agar generasi muda khususnya semakin mencintai warisan budaya luluhur. "Aksara Jawa adalah ruh bagaimana menemukan identitas dan masa lalu kita yang gemilang," katanya.

 

" Sangat berbahaya jika kaum muda tidak mampu membaca aksara Jawa. Bisa saja aksara ini hilang musnah tinggal sejarah jika tidak ada upaya melestarikannya, Aksara Jawa harus digunakan masif pada ranah kehidupan sosial,” ujar Akhmad Fikri. (Foto: Inoeng, Kontributor:Je)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image