Berita Desa

Kampung Aksara Pacibita bersama Pemerintah Kalurahan Srimulyo adakan Lomba Aksara Jawa

09 Agustus 2022
Administrator
Dibaca 3.358 Kali
Kampung Aksara Pacibita bersama Pemerintah Kalurahan Srimulyo adakan Lomba Aksara Jawa

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Komunitas Kampung Aksara Pacibita sebagai salah satu komunitas penggerak aksara jawa, berupaya untuk turut menyongsong peringatan satu tahun Yogyakarta sebagai “Kota Hanacaraka” dengan mengadakan kegiatan lomba aksara jawa tingkat TK, SD, SMP, dan SMA sederajat. Lomba ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mendukung program pelaziman aksara jawa serta memasifkan penggunaanya di kalangan pelajar Yogyakarta. Lomba tersebut dilaksanakan pada tanggal 6 sampai dengan 7 Agustus 2022 bertempat di Kampung Aksara Pacibita, Jl. Situs payak Cilik RT 01, Srimulyo Piyungan Bantul. Tururt Hadir dalam acara tersebut Perwakilan dari Pemerintah Kalurahan Srimulyo, Bapak Tiyas Santosa, S.E. selaku Kamituwa Kalurahan Srimulyo.

 

“Saya sangat senang dan bangga serta mengapresiasi terhadap panitia penyelenggara kegiatan lomba ini, semoga dengan diadakannya acara ini dapat menumbuhkan semangat anak-anak khususnya di wilayah Srimulyo untuk terus mempelajari aksara jawa. Kami dari Pemerintah Srimulyo sangat mendukung acara ini,” Ujar Tiyas Santosa, S.E. dalam sambutannya.

 

Lomba aksara jawa ini menjadi aksi nyata untuk mendorong kecintaan serta membiasakan para pelajar Yogyakarta terhadap aksara asli dari masyarakat Jawa. Bertepatan dengan momentum kemerdekaan, lomba ini didedikasikan untuk kemerdekaan Indonesia.Bahwa kita harus benar-benar merdeka secara bangsa, bahasa dan aksara. Lomba ini diiringi semangat kemerdekaan dengan jargon “Merdeka Bangsaku, Merdeka Aksaraku”. (Kontributor: Imana)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image