Berita Desa

Taruna Tani Padukuhan Jolosutro Berhasil Terapkan Model Pertanian Integrated Farming

08 Maret 2022
Administrator
Dibaca 470 Kali
Taruna Tani Padukuhan Jolosutro Berhasil Terapkan Model Pertanian Integrated Farming

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),-  Senin, 10 Januari 2022 telah dilaksanakan acara penebaran benih ikan lele di lahan integrated farming Jolosutro, Srimulyo. Bersama dengan BPP Piyungan, Dukuh Jolosutro, Ketua Gapoktan Srimulyo dan Taruna Tani Bekah Jaya Jolosutro, penerapan program integrated farming  telah sukses dilaksanakan.

 

Turut hadir Panewu Piyungan yang memberikan apresiasi dan motivasi kepada kelompok Taruna Tani Berkah Jaya Jolosutro yang telah sukses mengembangkan integrated farming mulai dari ternak, kolam ikan dan dipadupadankan dengan kebun hortikultura pisang Cavendish. Tidak hanya itu, taruna tani juga sukses mengembangkan pakan ternak berbahan dasar media organik dari hasil memanfaatkan bahan yang diolah secara mandiri.  

 

Integrated farming sendiri merupakan sistem pertanian dengan upaya memanfaatkan keterkaitan antara tanaman perkebunan, pangan, hortikultura, hewan ternak dan perikanan, untuk mendapatkan agro ekosistem, yang mendukung produksi pertanian (stabilitas habitat), peningkatan ekonomi dan pelestarian sumber daya alam.

 

Suksesnya penerapan integrated farming yang dilakukan oleh taruna tani Berkah Jaya Jolosutro diharapkan juga dapat diikuti oleh kelompok tani dari padukuhan yang lain agar dapat bersama-sama merasakan manfaat dari pengembangan jenis pertanian ini. (Foto: Inoeng, Kontributor: Imana)

#tani

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image