Berita Desa

LPBSA Kalurahan Srimulyo Selenggarakan Pelatihan Pawiyatan Panatacara lan Pamedharsabda

04 Desember 2023
Administrator
Dibaca 100 Kali
LPBSA Kalurahan Srimulyo Selenggarakan Pelatihan Pawiyatan Panatacara lan Pamedharsabda

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Pemerintah Kalurahan Srimulyo berkolaborasi dengan Lembaga Pengembangan Bahasa, Sastra dan Aksara (LPBSA) Kalurahan Srimulyo telah menjalankan kegiatan Pelatihan Pawiyatan Panatacara lan Pamedharsabda. Program ini dikhususkan untuk Pawiyatan Pranatacara yang seluruh pesertanya berasal dari berbagai Pedukuhan di Kalurahan Srimulyo sekitar 45 orang.



Dibuka pada hari Kamis, 30 November 2023, para peserta begitu antusias dan terlihat telah memadati Aula Kalurahan Srimulyo sebelum acara dimulai pada pukul 19.30 WIB. Tentunya kesempatan ini tidak boleh disia – siakan, karena untuk mengikuti kelas Pranatacara di luar kita harus membayar hingga jutaan rupiah per paket pelatihan. Tapi kali ini, para peserta merasa sangat beruntung karena bisa ikut tanpa mengeluarkan biaya apapun alias gratis. Pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut dari 30 November 2023 sampai dengan 2 Desember 2023 mengundang Narasumber dari Dewan Pimpinan Daerah Paguyuban Pranatacara Yogyakarta (DPD PPY) Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Bapak Eko Purwanto dan Bapak Fikri Sidiq.



Dalam sambutannya Bapak Lurah Srimulyo, Drs Wajiran menyampaikan rasa syukur adanya Pelatihan Pawiyatan Panatacara lan Pamedharsabda ini sehingga peserta dimohon untuk mengikuti acara dengan maksimal sampai hari terakhir nanti.



Materi pada hari pertama yaitu Sangune Panatacara dan Pamedharsabda. Pranatacara merupakan orang yang bertugas memandu jalannya acara atau yang biasa disebut sebagai pembawa acara/MC. Sedangkan pamedharsabda merupakan orang yang bertugas menyampaikan sesorah atau pidato pada suatu acara. Materi hari kedua yaitu Ngadi Busana. Kegiatan ditutup pada hari ketiga atau hari terakhir Pelatihan, peserta pelatihan diminta untuk praktik panatacara dan pamedharsabda oleh narasumber dan diakhiri pada pukul 22.00 WIB. Kegiatan berjalan dengan lancar serta diatutup dengan foto bersama. (Foto: Inoeng, Kontributor: Imana)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image