Berita Desa

Berkenalan dengan Nakula - Sadewa, Armada Kembar Layanan Kegawatdaruratan Srimulyo

12 Agustus 2021
Administrator
Dibaca 1.060 Kali
Berkenalan dengan Nakula - Sadewa, Armada Kembar Layanan Kegawatdaruratan Srimulyo

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),-  Kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan dan pembangunan ekonomi. Indeks Pembangunan Manusia meletakkan kesehatan adalah salah satu komponen utama pengukuran selain pendidikan dan pendapatan. SDGs Desa (Sustainable Development Goals Desa) juga meletakkan “Desa Sehat dan Sejahtera” sebagai salah satu goals/tujuan pembangunan desa berkelanjutan. Untuk itulah, Pemerintah Kalurahan Srimulyo juga meletakkan layanan kesehatan sebagai salah satu prioritas dalam setiap penganggaran dalam APBKal (Anggaran Pendapatan dan Belanja Kalurahan).

Memandang penting adanya armada layanan kegawatdarutan berupa ambulance sebagai bagian penting layanan kesehatan, Srimulyo bahkan telah melaksanakan pengadaan ambulance tersebut secara mandiri sejak Tahun Anggaran 2015 saat kondisi keuangan kalurahan belum se-settle sekarang ini. Kondisi Pandemi Covid-19 menjadi latar belakang pula mendesaknya penambahan armada untuk pelayanan kegawatdaruratan, sehingga pada Tahun Anggaran 2021 ini dilakukan pengadaan kembali sehingga total armada kegawatdaruratan di Srimulyo berjumlah 2 (dua) unit.

Ditemui di Balai Kalurahan Srimulyo, Drs. Wajiran mengaminkan hal tersebut. “Kami saat ini menambah armada berupa mobil siaga sebanyak 1 (satu) unit yang diperuntukkan bagi layanan gawat darurat terkait Covid-19, armadanya berwarna putih. Sedangkan unit lama yang pengadaannya dilaksanakan pada tahun 2015, tetap beroperasi seperti semula sebagai ambulance umum (non-Covid), armadanya berwarna hitam. Dengan demikian, kami berharap kegawatdaruratan di Kalurahan dapat terlayani secara optimal” tutur Wajiran.

Untuk memaksimalkan keberadaan ambulance ini, Pemerintah Kalurahan Srimulyo bahkan mengangkat sopir khusus sebagai Staf Honorer Kalurahan yang diberikan honorarium bulanan seperti staf lain pada umumnya. Sopir inilah yang siap on-call 24 jam untuk melayani masyarakat. Warga masyarakat atau Dulur Gerbang Madu yang membutuhkan layanan ambulance/ mobil siaga dapat menghubungi Call Center berikut : 087881878801 (Ambulance Umum/Non-Covid); 081578782522 (Mobil Siaga Khusus Covid).
(Foto: Inoeng, Kontributor:Je)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image