Berita Desa

Panen Tembakau Tani Murwat Jolosutro Bersama Anggota Dewan DPRD Provinsi Komisi B

26 September 2022
Administrator
Dibaca 449 Kali
Panen Tembakau Tani Murwat Jolosutro Bersama Anggota Dewan DPRD Provinsi Komisi B

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),-  Pada hari Kamis (22/09) Pemerintah Kalurahan Srimulyo yang diwakili oleh Ulu-Ulu Srimulyo yaitu Reza Fajar Pratama, S.T. menghadiri kegiatan Panen Tembakau Grompol oleh Tani Murwat Padukuhan Jolosutro. Acara di Pimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A. Acara Panen Tembakau Tani Murwat Di hadiri langsung oleh Kepala Produksi PT. Taru Martani Yogyakarta, Kepala BPP Kapanewon Piyungan dan Ulu – Ulu Kalurahan Srimulyo. Acara panen diselenggarakan di lokasi penanaman Tembakau grompol Jolosutro pada pukul 09.00 WIB.


Tani Murwat Padukuhan Jolosutro saat ini baru menanam Tembakau sebanyak 10 Ha dengan jumlah 96 Petani. Total sebanyak 40 hektar lahan pertanian tembakau milik Petani Bantul yang bekerjasama dengan PT. Taru Martani telah siap dipanen untuk pertama kalinya. Nantinya hasil panen akan diolah untuk kemudian dipasok kepada PT. Taru Martani sebagai bahan baku rokok dengan jenis cerutu. PT. Tarumartani bekerjasama dengan para petani yang tersebar di 5 kapanewon yaitu Dlingo, Pleret, Piyungan, Imogiri dan Pundong.

 

Pengembangan pola kemitraan merupakan salah satu upaya untuk memberikan jaminan pasar bagi petani tembakau khususnya pembelian daun basah oleh PT. Taru Martani Yogyakarta (pembayaran langsung ditempat). Langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi bagi masyarakat khususnya petani tembakau, untuk terus membudidayakan tanaman tembakau tanpa ada rasa cemas akan masalah ketidakpastian pemasaran. Para petani yang selama ini menjual produknya dalam bentuk rajangan kering dapat terus melakukannya, disamping memiliki alternatif pemasaran melalui pola kemitraan dengan PT. Taru Martani Yogyakarta.(Foto: Inoeng, Kontributor : Imana)

#tani

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image