Berita Desa

Pentingnya Edukasi Sejak Dini Hadapi Bencana Bersama FPRB Srimulyo

27 Januari 2023
Administrator
Dibaca 803 Kali
Pentingnya Edukasi Sejak Dini Hadapi Bencana Bersama FPRB Srimulyo

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Indonesia merupakan salah satu negara dengan wilayah yang tergolong memiliki tingkat kerawanan bencana yang tinggi. Mulai dari bencana alam hingga bencana sosial berpotensi terjadi di Indonesia. Bencana sendiri dapat diartikan sebagai peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Untuk itu Kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana haruslah dimiliki sejak dini mengingat di Indonesia khususnya di Yogyakarta memiliki potensi bencana yang dapat terjadi kapan saja. Gempa bumi, gunung Meletus dan tanah longsor merupakan bencana yang sering terjadi di Yogyakarta

 

Sekolah PAUD dan TK yang ada di Srimulyo bekerja sama dengan FPRB Srimulyo melaksanakan kegiatan Edukasi Kebencanaan untuk siswa-siswa sekolah pada Kamis (26/01) di SPS Dacclia, SPS Cahaya Muda, & SPS Pelita Bunda  . Tidak hanya hari itu, akan tetapi nantinya secara bergantian akan dilanjutkan kegiatan tersebut yang juga didampingi oleh Guru di sekolah tersebut. Sekolah memiliki target siswa mampunyai pengetahuan tentang kebencanaan, potensi bencana serta upaya pengurangan resiko bencana pada tingkat paling sederhana.

 

Kegiatan tersebut didukung penuh oleh Pemerintah Kalurahan Srimulyo karena sangat memberikan manfaat diantaranya sebagai upaya memperkenalkan jenis bencana dan resikonya kepada siswa agar mereka lebih sigap dan tanggap dalam kemungkinan menghadapi bencana yang ada di lingkungan sekolah.

 

Adapun kegiatan yang dilaksnakan FPRB meliputui pengenalan jenis bencana, resiko serta upaya evakuasi dalam menghadapai bencana juga pelaksanaan simulasi bencana. Selain itu, penyampian melalui lagu sehingga siswa lebih interaktif dan belajar bencana menjadi lebih menyenangkan. (Foto: Ta’in, Kontributor: Imana)

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image