Berita Desa

61 Anggota Pantarlih Resmi Dilantik PPS Srimulyo Jelang Pemilu 2024

14 Februari 2023
Administrator
Dibaca 1.243 Kali
61 Anggota Pantarlih Resmi Dilantik PPS Srimulyo Jelang Pemilu 2024

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Minggu (12/12/20223) Pukul 09.00 WIB Panitia Pemungutan Suara (PPS) Srimulyo melaksanakan pelantikan Pantarlih di Aula Kalurahan Srimulyo. Ada sebanyak 61 calon Pantarlih yang mengikuti kegiatan pelantikan. Jumlah Pantarlih disesuaikan dengan banyaknya TPS yang berada di Kalurahan Srimulyo. Perlu diketahui bahwa Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) adalah orang yang bertugas untuk membantu Petugas Pemungutan Suara (PPS) dalam melakukan pemutakhiran data yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

 

Sebelumnya, peserta telah melakukan registrasi terlebih dahulu, lalu mengikuti gladi bersih sebelum acara pelantikan. Proses pelantikan diawali dengan pembacaan Sumpah dan dilanjutkan penandatangan Berita Acara Pelantikan yang ditanda tangani oleh Ketua PPS, terlantik dan Saksi Pelantikan. Selanjutnya, dengan dipimpin oleh perwakilan Pantarlih membacakan Pakta Integritas Pantarlih dan Pakta Integritas SMKI.

 

Turut hadir dalam rangkaian acara tersebut Bamuskal, PPK dan Sekretariat PPK Kapanewon Piyungan, Panwas Desa Srimulyo, Panwaslu Kapanewon Piyungan, KPU Bantul, PPS dan Sekretariat PPS Srimulyo serta Anggota Pantarlih Srimulyo.

 

Secara simbolis, Tulus Budi Wiratno selaku Ketua PPS Srimulyo memakaikan atribut Pantarlih berupa rompi, topi, dan id card kepada perwakilan Pantarlih dengan diikuti seluruh calon Pantarlih. Untuk masa kerja Pantarlih dalam melakukan proses pemutakhiran data pemilih ditetapkan hingga sampai 12 April 2023.

 

Setelah acara pelantikan, PPS melakukan bimbingan teknis (bimtek) kepada Pantarlih, agar dalam melakukan tugasnya Pantarlih tidak menemui kesulitan. Materi yang disampaikan saat bimtek yaitu tentang pengisian formulir A Daftar Pemilih, Formulir A Daftar Potensial Pemilih, Pengisian Laporan Buku Kerja Pantarlih dan Simulasi penggunaan Aplikasi E-coklit berbasis Android. (Foto: Inoeng, Kontributor: Imana)

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image