Berita Desa

Pelatihan Desa Preneur Tahap Penumbuhan Model Blangkon Kalurahan Srimulyo

14 Juni 2023
Administrator
Dibaca 997 Kali
Pelatihan Desa Preneur Tahap Penumbuhan Model Blangkon Kalurahan Srimulyo

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),-  Bertempat di Pendopo Calon Kalurahan Srimulyo yang baru pada tanggal 12-14 Juni 2023 telah dilaksanakan Pelatihan Desa Preneur Model Blangkon tahap Penumbuhan. Pelatihan tersebut diikuti oleh 30 orang pelaku UMKM dari Kalurahan Srimulyo. Dalam rangka menjembatani problematika pemberdayaan UMKM di pedesaan, Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi UKM DIY berupaya mengembangkan skema pendampingan berbasis wilayah yang dikenal sebagai Desa Preneur.

 

Desa Preneur merupakan salah satu program unggulan dari Dinas Koperasi dan UKM DI Yogyakarta yang didanai menggunakan Dana Keistimewaan. Desa Preneur sendiri merupakan desa yang memiliki kemampuan untuk menumbuhkan unit-unit usaha skala desa, yang diusahakan oleh warga desa itu sendiri melalui penguatan pengetahuan dan keterampilan berwirausaha, peningkatan mutu produk/jasa, nilai tambah, dan daya saing dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian desa dan tercapainya kesejahteraan hidup warga.

 

Tidak hanya sebatas cara pembuatan produk yang berkualitas, namun juga melatih kreatifitas serta mempelajari bagaimana cara yang lebih efektif untuk mempromosikan pruduk-produk yang ada sehingga dapat diterima masyarakat. Dengan begitu, maka kedepan produk-produk hasil karya masyarakat di wilayahnya akan memiliki kualitas yang jauh lebih baik, sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk selalu berkunjung ke Kalurahan Srimulyo dan membantu perekonomian Pelaku UMKM yang ada di Kalurahan Srimulyo. (Kontributor: Imana)

 

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image