Berita Desa

Akeditasi Desa Budaya, Selangkah Lagi Srimulyo Naik Kelas Menjadi Desa Budaya

08 Juli 2021
Administrator
Dibaca 1.415 Kali
Akeditasi Desa Budaya, Selangkah Lagi Srimulyo Naik Kelas Menjadi Desa Budaya

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Selasa (29/06/2021) Kalurahan Srimulyo mendapatkan kesempatan untuk bisa mengikuti Akreditasi Desa Budaya Tahun 2021 dari Kundha Kabudayan Dinas Kebudayaan DIY.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Nugroho Eko Setyanto, S.Sos, M.M. beserta Tim Juri Akreditasi dari Dinas Kabudayaan Provinsi DIY, Panewu Piyungan, babinkamtibmas, babinsa dan linmas Desa srimulyo.

Berbagai persiapan telah dilakukan Kalurahan Srimulyo yaitu dengan membentuk Tim Akreditasi untuk menyiapkan administrasi, materi dan berbagai perlengkapan yang menunjang aspek penilaian diantaranya aspek adat dan tradisi, aspek kesenian dan permainan rakyat/tradisional, aspek bahasa, sastra dan aksara jawa, aspek kerajinan, kuliner dan pembuatan obat tradisional serta aspek penataan ruang dan bangunan serta warisan budaya .

Semua materi disajikan dalam bentuk dokumen dan foto-foto pendukung dikarenakan adanya kebijakan protokol covid-19 yang mengakibatkan penilaian dilakukan hanya di Balai Desa Srimulyo saja tanpa mengunjungi lokasi maupun menghadirkan banyak orang.

“Kalurahan Srimulyo memperlihatkan dinamika proses sosial dan budaya sehingga Kalurahan Srimulyo memperlihatkan sinergi lapisan masyarakat dengan pemerintah Kalurahan dalam membangun Desa Budaya”, Ujar salah satu Tim Penilai. (Foto: Inoeng, Kontributor:Imana)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image