Berita Desa

Pembekalan Gugus Tugas KLA, Forum Anak dan Satgas PPA Kalurahan Srimulyo

19 Desember 2022
Administrator
Dibaca 1.149 Kali
Pembekalan Gugus Tugas KLA, Forum Anak dan Satgas PPA Kalurahan Srimulyo

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Sabtu, 17 Desember 2022 Pemerintah Kalurahan Srimulyo mengadakan kegiatan Pembekalan Gugus Tugas Kalurahan Layak Anak, Forum Anak dan Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak. yang dihadiri oleh 60 peserta yang terdiri dari anak-anak usia 12-18 tahun, Ibu-Ibu Tim Satgas PPA dan dihadiri oleh 1 narasumber dari Dinas P3APPKB Kabupaten Bantul, Fathuddin Muchtar serta Pamong Kalurahan Srimulyo yang bertempat di Aula Kalurahan Srimulyo.

 

Anak adalah masa depan bangsa. Namun, sering tidak disadari, kondisi anak yang rentan baik secara fisik maupun mental sangat membutuhkan perlindungan. Pengetahuan tentang anak dan hak-hak yang dimilikinya perlu ditanamkan kepada seluruh lapisan masyarakat, agar dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan selalu mempertimbangkan hak-hak anak, suara anak dalam segala aspek pembangunan perlu kita dengar dan pertimbangkan, agar seoptimal mungkin kebutuhan anak bisa kita penuhi.

 

Dalam Kegiatan tersebut Narasumber menjelaskan bahwa Forum anak dibentuk untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak anak dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak, hak anak yaitu Hak Hidup, Hak Tumbuh Kembang, Hak Partisipasi dan Hak Perlindungan). “ Kenapa anak perlu dilindungi? Karena anaka masih dalam Masa Pertumbuhan Yaitu fisik, emosi/psikis, sosial , Ketergantungan dan Rentan/Rawan,” Jelas Fathuddin Muchtar.

 

“ Anak berperan sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) sebagai *Pelopor yaitu* bagaimana anak anak diharapkan dapat memulai aksi / kontribusi positif dan sebagai agen perubahan, sementara *sebagai Pelapor* anak anak diharapkan dapat melaporkan segala hal yang berkaitan dengan pemenuhan hak anak melalui berbagai macam saluran yang telah disediakan oleh negara.’’ Imbuhnya. (Foto : Inoeng, Kontributor: Imana)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image