Berita Desa

Pamong Srimulyo Antusias Ikuti Aktivasi IKD di Pendopo Kalurahan Srimulyo  

14 Juni 2023
Administrator
Dibaca 454 Kali
Pamong Srimulyo Antusias Ikuti Aktivasi IKD di Pendopo Kalurahan Srimulyo   

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),-  Senin, 29 Mei 2023, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul melaksanakan layanan jemput bola aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kalurahan Srimulyo Piyungan. Sebelumnya, Pemerintah Kalurahan Srimulyo mengirimkan surat permohonan yang ditujukan kepada Dinas Dukcapil Bantul untuk pelaksanaan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Kegiatan dilaksanakan ditujukan bagi penduduk Srimulyo secara bertahap dimulai dari Pamong Kalurahan.

 

Masyarakat yang ingin memiliki Identitas Kependudukan Digital (IKD)  ketika Kalurahan mengadakan aktivasi IKD maka bisa datang ke Kalurahan, cukup membawa handphone dan KTP-Elektronik maka langsung dapat  diproses oleh  petugas. Dengan waktu yang relatif singkat, kurang dari tiga menit warga sudah bisa dilayani aktivasi IKD. Hanya bermodalkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), email, dan swafoto, akun warga akan terkoneksi secara otomatis dengan server Kemendagri.

 

Aktivasi IKD ini harus pemilik KTP-Elektronik itu sendiri dan tidak dapat diwakilkan, karena dalam proses input data nantinya ada swafoto dan swafoto harus pemilik KTP yang asli. Dengan melakukan aktivasi IKD, kedepannya warga tidak perlu lagi menenteng fisik KTP atau fotocopi KTP cukup dengan scan kode batang (barcode) dalam melakukan pelayanan publik. (Kontributor: Imana)

 

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image