Berita Desa

Panen Raya Padi Nutrizinc di Padukuhan Jombor Srimulyo

10 Juli 2023
Administrator
Dibaca 1.158 Kali
Panen Raya Padi Nutrizinc di Padukuhan Jombor Srimulyo

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Rabu (5/07) Telah diselenggarkan panen raya padi varietas nutri zinc bertempat di bulak Jombor, Kalurahan Srimulyo Kapanewon Piyungan Kabupaten Bantul oleh Kelompok Tani Sri Rejeki Padukuhan Jombor dengan luas panen 14 ha. Kelomok Tani Sri Rejeki mendapatkan bantuan dari APBD Provinsi mendapat bantuan berupa bibit padi 25 kg /ha, 100 kg NPK dan 1 paket pupuk organik.

 

Kegiatan panen padi ini  dihadiri oleh Prof. Tri Yudi Santosa M.Phd assesor Kementan RI, Anggota DPRD DIY dari Komisi B ibu Tustiyani S.H. , Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian DIY, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab Bantul, Panewu Piyungan, BPP Piyungan, Lurah Srimulyo Drs Wajiran dan pamong kalurahan srimulyo.

 

Acara panen padi ini dilaksanakan dengan proses adat jawa atau yang biasanya disebut wiwitan. Semua tamu yang hadir sangat antusias menyaksikan dan mengikuti rangkaian acara dan puncak acara secara simbolis tamu undangan ikut memanen padi jenis ini.

 

Padi varietas IR Nutri Zinc ini merupakan varietas padi yang memiliki kandungan zinc yang lebih banyak dari varietas padi biasa. Kandungan zink pada varietas padi IR Nutri Zinc adalah 34,4 ppm, sehingga padi ini disebut ampuh dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui untuk mencegah stunting.(Foto: Inoeng, Kontributor :Imana)

#tani

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image