Berita Desa

Sosialisasi Program BKK Arsitektur Khas Yogyakarta dan Rumah Layak Huni Dana Desa Tahun 2024

19 Juni 2024
Administrator
Dibaca 82 Kali
Sosialisasi Program BKK Arsitektur Khas Yogyakarta dan Rumah Layak Huni Dana Desa Tahun 2024

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Sabtu tanggal 15 Juni 2024 bertempat di Pendopo Ibukota Kalurahan Srimulyo telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Program RTLH Dana Keistimewaan DIY dan Rumah Layak Huni Dana Desa Tahun 2024. Kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi dihadiri Ulu-ulu Kalurahan, Pendamping Program BKK Rumah Layak Huni Arsitektur Khas Yogyakarta, Tim Penggadaan Barang Kalurahan Srimulyo, Tim Pelaksana Kegiatan Kalurahan Srimulyo, Dukuh dan calon penerima bantuan. 

 

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para penerima mengenai proses pelaksanaan program RTLH serta hak dan kewajiban yang dimiliki sebagai penerima bantuan. Kalurahan Srimulyo telah menetapkan calon penerima Program RTLH Dana Keistimewaan DIY sebanyak 3 KPM dan Rumah Layak Huni Dana Desa Tahun 2024 sebanyak 3 KPM.

 

Dalam kegiatan ini disampikan tentang teknis pelaksanaan pembangunan rumah layak huni sesuai dengan kriteria Arsitektur Yogyakarta. Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Arsitektur Khas Yogyakarta dalam bentuk uang dengan total adalah Rp 65.000.000,- per unit, sudah termasuk pajak dengan rincian anggaran yang diperuntukkan untuk material bahan bangunan yaitu Rp 60.000.000,- (enam puluh juta) dan biaya upah tukang, yaitu Rp 5.000.000,- (lima juta). Selain Bantuan yang berasal dari Dana Keistimewaan DIY juga bantuan yang berasal dari Dana Desa dengan nominal Rp 10.000.000,- (sepuluh juta) setiap KPM.

 

Semoga pelaksanaan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Arsitektur Khas Yogyakarta dapat dirasakan kemanfaatannya bagi masyarakat yang menerima, melalui skema dana keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Program / kegiatan yang diusulkan diharapkan dapat semakin menunjukkan bahwa dana keistimewaan dilaksanakan secara langsung melalui masyarakat di Kalurahan dan untuk keselamatan dan kesejahteraan rakyat dengan tetap dalam koridor pelaksanaan urusan keistimewaan sebagaimana Undang –
Undang Nomor 13 Tahun 2012. Keistimewaan DIY diharapkan mampu mengakselerasi pencapaian sasaran pembangunan daerah, dengan pemberian Bantuan Keuangan Khusus (BKK) ke Pemerintah Kalurahan Tahun Anggaran 2024. (Foto : Inoeng, Kontributor: Imana)

 

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image