Berita Desa

Digelar Setiap Tahun, Ratusan Warga Antusias Ikuti Tradisi Kupatan Jolosutro

29 Agustus 2023
Administrator
Dibaca 86 Kali
Digelar Setiap Tahun, Ratusan Warga Antusias Ikuti Tradisi Kupatan Jolosutro

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),-  Kupatan Jolosutro merupakan salah satu warisan budaya yang hingga kini menjadi salah satu agenda rutin digelar di tengah masyarakat Jolosutro. Tahun ini Kupatan Jolosutro dilaksanakan pada 22 – 28 Agustus 2023 di Lapangan Jolosutro.

 

Turut hadir dalam acara ini, Perwakilan DRPD Kabupaten Bantul, Dinas Kebudayaan Bantul, Panewu Piyungan, Forkompinkap Piyungan, Lurah Srimulyo, Pamong Srimulyo, Lembaga Kalurahan Srimulyo dan tamu undangan. Tradisi ini adalah wujud syukur pada Allah atas limpahan berkah yang diberikan pada pertanian mereka. Upacara ini mulai dikenalkan pada masa Sunan Geseng. Rasulan ini digelar setiap tahunnya pada Senin legi di bulan Sapar selepas waktu dzuhur. Senin (28/8) merupakan puncak acara Kegiatan Kupatan Jolosutro. Lurah Srimulyo memberikan sambutan bahwa kegiatan ini riil dari warga masyarakat yang secara semangat dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

"Kupatan Jolosutro ini mampu menunjukkan semangat membangun masyarakat dengan basis gotong royong," ungkap Lurah Srimulyo, Wajiran.

 

Sebelum melakukan upacara pemotongan ketupat, Para Prajurit mengkirabkan uborampe dan gunungan ke Lapangan Jolosutro untuk mengikuti upacara. Prosesinya meliputi gelar tarian dan kirab keliling lapangan. Uborampe tersebut terdiri dari nasi gurih, ingkung, serta aneka jajanan pasar. Uba rampe tersebut  kemudian ditempatkan di dalam jodhang yang disiapkan oleh masing-masing RT. Setelah dilakukan kirab, pentas tari dan pemotongan kupat, uborampe berikut gunungan kembali dikirabkan menuju ke Makam Jolosutro yaitu makam Ki Sunan Giring yang berada di Obyek Wisata Bukit Tinatar. Di tempat ini Gunungan dan uborampe diletakan untuk diperebutkan masyarakat. (Foto : Inoeng, Kontributor: Imana)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image