Berita Desa

Gandhewa Kencana Unjuk Gigi Dalam Gelar Potensi Budaya Kalurahan

10 November 2022
Administrator
Dibaca 14 Kali
Gandhewa Kencana Unjuk Gigi Dalam Gelar Potensi Budaya Kalurahan

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Pada tanggal 7 November - 8 November 2022 Kabupaten Bantul telah menggelar acara Gelar Potensi kalurahan budaya di jalan baru Srimulyo. Gelar Potensi Kalurahan Budaya Tahun 2022 ini memiliki tema yaitu “Ruwat Bumi”. Untuk Kabupaten Bantul, Gelar Potensi tahun ini diikuti oleh 22 kalurahan. Selain menampilkan pagelaran dari masing-masing kalurahan, Gelar Potensi juga memamerkan stand-stand UMKM dari masing-masing kalurahan yang nantinya akan dinilai oleh dewan juri. 

Acara dibuka secara simbolis oleh Bapak Bupati Bantul dengan memukul salah satu perangkat gamelan yang disebut kenong dan di dampingi oleh Bapak Panewu Piyungan Muhammad Baried, S.Sos,MM, Bapak Lurah Srimulyo Wajiran, S.Pd, Ibu Dra Endang Widuri. 
Tujuan dislenggarakan acara ini adalah untuk melindungi keberadaan potensi di kalurahan budaya dalam wadah ekspresi yang kreatif dan  inovatif tanpa mengubah nilai-nilai esensialnya dan sebagai sarana pembinaan dan bentuk mempromosikan dan mengukur sejauh mana tingkat kemajuan dari Kalurahan Desa Budaya yang berada di DIY.


Dewan Juri pada acara ini terdiri dari, Drs. Gandung Djatmiko, M.Pd, Dra. Daruni, M.Hum, Irsyam Sigit Wibowo, Sudiyanto, dan Drs. Susilo Nugroho. Dalam proses penilaian, dewan juri mengunjungi 22 stand UMKM yang kemudian menyaksikan 22 pertunjukan yang ditampilkan oleh masing-masing kalurahan Budaya.


Dalam Kesempatan ini Bupati Bantul Bapak H. Abdul Halim  memberikan apresiasi dan mendukung pelaksanaan Gelar Potensi Kalurahan Budaya di Kabupaten Bantul. Dalam sambutannya Bupati Bantul mengemukaan bahwa dengan adanya Gelar Potensi Desa atau Kalurahan Budaya di Kabupaten Bantul, diharapkan dapat menjadi nilai tambah dalam merawat dan menjaga kelestarian budaya di wilayahnya. “Terima kasih kepada Dinas Kebudayaan DIY”, jelas beliau. Kegiatan Gelar Potensi Kalurahan itu salah satu bukti bagi semua, bahwa masyarakat begitu peduli dengan kebudayaan dan sekaligus (diharapkan) meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya. 

 

Kali ini, Gandhewa Kencana Kalurahan Srimulyo menjadi daftar yang ditunjuk untuk menampilakn potensi budayanya pada hari selasa, 8 November 2022 Gandhewa Kencana menampilkan dramatari "Merti Tirta" dengan diketuai oleh Bapak Supriyanto.

( Foto: Inoeng, Kontributor: Imana)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image