Berita Desa

Podcast Diseminasi Konten Positif Keterbukaan Informasi Publik

23 Februari 2024
Administrator
Dibaca 56 Kali
Podcast Diseminasi Konten Positif Keterbukaan Informasi Publik

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) DIY menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Konten Positif dengan tema “Keterbukaan Informasi Publik Kalurahan” dengan 3 narasumber Dr. Hj. Yuni Satia Rahayu, S.S., M.Hum. (Anggota DPRD DIY), Aswino Wardhana, S.IP. (Bidang Kelembagaan KID DIY), Nurjayanto, S.T. (Carik Kalurahan Srimulyo) bertempat di Toleransi Kopi Banyuraden, Gamping, Sleman pada Rabu(21/2).

Dalam podcast tersebut, Nurjayanto memaparkan inovasi-inovasi apa yang dilakukan oleh Kalurahan Srimulyo terkait keterbukaan informasi publik yang ada di Kalurahan Srimulyo. Modernisasi pada bidang teknologi informasi dan komunikasi memberikan warna baru bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan mudah dan cepat. Salah satunya keterbukaan informasi publik yang menjadi tuntutan tersendiri bagi badan publik untuk dapat membuka diri kepada masyarakat. Tujuannya guna memberikan informasi-informasi dan kebijakan-kebijakan yang bisa didapat setiap saat dan dari manapun.

Hadirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) merupakan salah satu di antara instrumen hukum yang memiliki tujuan memberikan jaminan, perlindungan, dan pemenuhan hak asasi pada setiap warga negara, yang menjadikan badan publik untuk memberikan akses yang luas dan transparansi mengenai informasi kepada masyarakat umum mengenai apa yang dilakukan oleh pemerintah dan lembaga publik, serta memonitor kegiatan dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kepentingan publik. Selengkapnya dapat disimak pada tautan berikut : https://s.id/podcast_dkp (Foto: Inoeng, Kontributor: Inoeng)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image