You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Srimulyo

Kap. Piyungan, Kab. Bantul, Prov. DI Yogyakarta

SARPRAS TIM EVAKUASI PEMAKAMAN COVID DESA SUDAH DISIAPKAN


SARPRAS TIM EVAKUASI PEMAKAMAN COVID DESA SUDAH DISIAPKAN

Piyungan, (Srimulyo Post),- Sesuai dengan peraturan baru, orang yang meninggal dengan riwayat terinfeksi Virus Covid-19 pemakaman atau pemulasarannya sepenuhnya diserahkan kepada desa (12/11/2020). Penunjukan desa yang dimaksud disini adalah tim khusus pemulasaran jenazah covid yang dibentuk oleh desa dan berjumlah 8 orang. Tim pemulasaran pemakaman covid-19 desa tersebut sebelumnya sudah diberikan pelatihan khusus oleh Dinas Kesehatan dan BPBD dalam penanganannya. Selain pembentukan tim pemulasaran jenazah covid, desa juga harus menyiapkan sarana dan prasarana tim covid sebelum dan setelah selesai pemulasaran jenazah covid-19. Semuanya harus dilakukan sesuai prosedur yang ada.

Diinformasikan oleh Kasi Kesejahteraan Tiyas Santosa bahwa Desa Srimulyo sudah membuat sumur resapan serta saluran air untuk membersihkan APD tim Covid. Untuk sarpras yang lainnya masih dalam proses contohnya adalah kamar mandi khusus tim covid. “Penanganan jenazah covid memang prosedurnya sangat berbeda dengan jenazah non covid. Pembungkusan jenazah covid juga dilakukan berlapis lapis dan tidak boleh dibuka sama sekali. Selain itu, untuk pemakamannya harus dilakukan oleh tim covid yang khusus menangani pemulasaran jenazah dengan perlindungan APD penuh. Setelah selesai pemakaman jenazah covid pun, tim ini tidak serta merta buka APD dan langsung bisa ganti baju. Tim itu harus melewati beberapa tahapan pembersihan dengan penyemprotan disinfektan,” jelasnya. (Foto: Dok. Desa, Kontributor: Mita AK).

Bagikan artikel ini: