Berita Desa

Kalurahan Diminta Sediakan Shelter

12 Januari 2021
Administrator
Dibaca 217 Kali
Kalurahan Diminta Sediakan Shelter

Piyungan, (Srimulyo Post),- Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul melalui surat bernomor 443/00039/ADPEMDES menginstruksikan agar setiap Kalurahan menyiapkan Shelter atau tempat Karantina bagi warga yang terkena Virus Covid-19. Kebijakan ini diambil karena belum terkendalinya penyebaran Covid-19 serta grafiknya yang terus cenderung melonjak. Selain itu, ada permasalahan pula yang mendasari penyiapan shelter di Kalurahan yaitu dikarenakan tidak tertampungnya penderita positif Covid-19 di shelter atau RSCL yang disediakan oleh Pemerintah Daerah (12/1/2021).

Penyiapan shelter di tingkat Kalurahan mempunyai ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  1. Shelter berupa bangunan fasilitas umum atau rumah yang terpisah dari Gedung kantor Kalurahan dan hunian padat penduduk, dengan fasilitas minimal yaitu tempat tidur, air bersih, MCK, dan space untuk olah raga ringan;

2.Lokasi shelter dapat diakses kendaraan roda empat;

  1. Shelter diperuntukkan bagi warga Kalurahan yang positif Covid-19 tanpa gejala (OTG), positif Covid-19 dengan gejala ringan dan /atau reaktif rapid test;
  2. Pemerintah Kalurahan membiayai operasional shelter, berupa penyediaan SDM, sarana dan prasarana hunian sementara, kebutuhan logistic penghuni shelter, dan pengelolaan sampah serta limbah.
  3. Panewu mengkoordinasikan pelaksanaan pemantauan, penjagaan, pengawasan, perawatan, tindakan medis/paramedic dan fasilitasi penderita/penghuni shelter dengan Puskesmas, Satgas Kalurahan dan FPRB Kalurahan setempat.
  4. Dalam hal APB Kalurahan Tahun 2021 belum menganggarkan penyediaan dan operasional shelter, dapat dilakukan perubahan rincian belanja pada bidang belanja tak terduga sub bidang penanggulangan bencana (5.1) atau pada kegiatan lainnya yang selaras dengan penanganan Covid-19.
  5. Dalam hal ketersediaan anggaran untuk penanganan Covid-19 terbatas atau tidak mencukupi, Pemerintah Kalurahan dapat menggali partisipasi masyarakat dalam penyediaan logistic bagi penderita/penghuni shelter berdasarkan kesepakatan musyawarah dengan masyarakat. (Ilustrasi Foto: fundacioncarlosslim.org)
Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image