Berita Desa

Kalurahan Srimulyo Terima Peserta Studi Tiru dari Aceh Utara dan Sumatera Utara

10 Agustus 2023
Administrator
Dibaca 603 Kali
Kalurahan Srimulyo Terima Peserta Studi Tiru dari Aceh Utara dan Sumatera Utara

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Kamis (10/8/2023) Pemerintahan Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara dan Pemerintahan Desa Se-Kabupaten Langkat Sumatera Utara menghadiri dan melaksanakan kegiatan studi tiru dengan Kalurahan Srimulyo, Kabupaten Bantul. Kalurahan Srimulyo merupakan desa yang meraih predikat Smart Village atau Desa Cerdas oleh Kementerian Desa. Smart Village (Desa Cerdas) adalah Desa yang mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan desa salah satunya yaitu dari sektor pariwisata sehingga meningkatkan PAD Desa.



Kegiatan Studi Tiru diterima dengan hangat oleh Lurah Srimulyo, Drs. Wajiran beserta Carik dan Lembaga di Aula Kalurahan Srimulyo. Pihak Kalurahan Srimulyo memaparkan sedikit cerita tentang Kalurahan Srimulyo. Sampai saat ini sudah banyak yang dilakukan oleh Kalurahan Srimulyo untuk mewujudkan Smart Village (Desa Cerdas) dan Desa Digital. Beberapa hal yang dilakukan oleh Kalurahan Srimulyo adalah reformasi SDM, agen perubahan desa, digitalisasi administrasi desa, inventaris aset desa, e-government, inovasi pelayan, konektivitas desa, supra desa, serta kolaborasi untuk membangun jejaring dan kemitraan.



Muhammamad Isnaini, SE mengungkapkan maksud dan tujuan melaksanakan kegiatan studi tiru di Kalurahan Srimulyo yaitu ingin bertukar pengalaman dan belajar mengenai tata kelola pemerintahan yang berbasis digital serta agar ilmu tersebut dapat diterapkan di wilayah desa di Aceh dan Langkat.


Muhammamad Isnaini, SE berharap dengan melaksanakan kegiatan studi tiru dengan Kalurahan Srimulyo, Pemerintahan Desa Baktiya Kabupaten Aceh Utara dan Pemerintahan Desa Se-Kabupaten Langkat Sumatera Utara akan selalu berupaya untuk berkomitmen dalam mewujudkan Smart Village (Desa Cerdas). (Foto Inoeng, Kontributor: Imana)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image