Berita Desa

Serah Terima dan Tabuh Perdana Gamelan Perunggu Kyai Galih Wening

04 November 2022
Administrator
Dibaca 21 Kali
Serah Terima dan Tabuh Perdana Gamelan Perunggu Kyai Galih Wening

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Jumat (04/11/2022) merupakan hari yang istimewa bagi Kalurahan Srimulyo Kapanewon Piyungan Kabupaten Bantul. Hari ini bertempat di Sanggar Kyai Suratman, Kebon, Prayan, Srimulyo , Pemerintah Kalurahan Srimulyo mendapatkan hibah gamelan perunggu dari Kundha Kabudayan DIY yang sebelumnya juga menerima hibah gamelan kuningan dari Kundha Kabudayaan Bantul.

 

Gamelan Perunggu tersebut diserahkan secara simbolis oleh Dra. Endang Widuri (Kepala Seksi Lembaga Budaya Kundha Kabudayan DIY) kepada Drs. Wajiran (Lurah Srimulyo). Hadir dalam acara serah terima hibah gamelan yaitu Dra. Endang Widuri (Kepala Seksi Lembaga Budaya Kundha Kabudayan DIY), Tri Joko (Tim Monev Pendamping Budaya), Lurah Srimulyo Drs. Wajiran beserta Pamong, TP-PKK Kalurahan Srimulyo, Ketua Kalurahan Budaya Srimulyo “Gandewa Kencana” dan Pendamping Kalurahan Budaya Srimulyo.

 

Kasi Lembaga Budaya Dinas Kebudayaan DIY, Dra. Endang Widuri dalam sambutannya mengatakan bahwa bantuan gamelan perunggu laras pelog dan slendro tersebut diberikan kepada Pemerintah Kalurahan dan masyarakat Srimulyo. Bantuan ini bersumber dari Dana Keistimewaan DIY. "Kami titip gamelan ini kepada Pemerintah Kalurahan dan pengurus Desa Budaya agar dirawat, semoga bermanfaat untuk warga Srimulyo", terang Dra. Endang Widuri.

 

Sementara itu, Lurah Srimulyo, Drs. Wajiran, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan DIY yang telah memberikan bantuan gamelan perunggu pelog dan slendro. Ia berharap, hibah gamelan ini dapat menambah semangat warga Srimulyo dan pegiat seni dalam menjaga kelestarian kebudyaan di Srimulyo. "Kepada para tokoh seni dan masyarakat Srimulyo, monggo gamelan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan juga Pamong Kalurahan bisa belajar memanfaatkan gamelan ini", jelasnya.

 

Gamelan Perungggu tersebut diberi nama “Kyai Galih Wening” yang mempunyai arti Galih yaitu Gamelan Pinilih. Galih  memiliki arti ugi penggalih atau pikiran sedangkan Wening memiliki arti bening atau menep. Pemberian nama Galih Wening mempunyai arti apabila ketika masyarakat mendengarkan juga dan juga melihat gamelan tersebut dimainkan atau ditabuh, maka perasaannya menjadi bening, terang dan damai.

 

Hibah gamelan perunggu yang diberikan oleh Dinas Kebudayaan merupakan sebagai wujud dukungan dan kepedulian kepada Kalurahan Budaya Srimulyo. Program kegiatan hibah gamelan perunggu ini bersumber dari Dana Keistimewaan khususnya kebudayaan. Melalui hibah gamelan perunggu tersebut diharapkan dapat menjadi dorongan untuk kemajuan kesenian di Kalurahan Srimulyo dan diharapkan mampu menjadi media untuk menumbuhkembangkan potensi dan keunikan yang dimiliki oleh Kalurahan Srimulyo. (Foto: Inoeng, Kontributor: Imana)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image