Berita Desa

Padukuhan Payak Cilik, Srimulyo, Dinobatkan Sebagai Kampung Pancasila 2022

07 April 2022
Administrator
Dibaca 36 Kali
Padukuhan Payak Cilik, Srimulyo, Dinobatkan Sebagai Kampung Pancasila 2022

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Padukuhan Payak Cilik  Kalurahan Srimulyo Kapanewon Piyungan Kabupaten Bantul pada hari Selasa (05/04) telah dinobatkan sebagai Kampung Pancasila 2022. Penobatan tersebut dilaksanakan oleh Danramil Piyungan, Kapten Cba Supriyono yang ditandai dengan pemasangan banner di gapura selamat datang Padukuhan Payak Cilik. Hadir dalam acara tersebut Panewu Kapanewon Piyungan, Bapak Muh. Baried, S.Sos, MM, Kepala dukuh Payak Cilik, tokoh masyarakat setempat serta Tokoh Agama setempat.

 

Kampung pancasila merupakan julukan untuk desa/dusun/dukuh yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila. Adapun tujuan dibentuknya Kampung Pancasila untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas serta menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika yang terkandung dalam Pancasila. Pemasangan banner tersebut terdapat deskripsi nilai-nilai Pancasia yang dapat menjadi ajakan bagi seluruh masyarakat khususnya wilayah setempat untuk selalu menjaga nilai-nilai pancasila di dusun tersebut. Selain di depan gapura selamat datang, banner juga dipasang di poskamling.

 

Acara Penobatan tersebut diawali dengan kegiatan kerja bakti bersama warga Padukuhan Payak Cilik. Kerja bakti tersebut menunjukkan nilai keharmonisan, kerja sama, dan gotong royong yang secara tidak langsung merupakan bentuk pengamalan dari niai-nilai Pancasila. Kemudian dilakukan sosialisasi kepada warga tentang program dan tujuan Penobatan Kampung Pancasila.

 

Dalam acara tersebut Panewu Piyungan, Bapak Muh. Baried, S.Sos, MM mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut dan berharap dengan Penobatan tersebut bisa menjadi percontohan dan akan berkembang di pedukuhan yang lain di Wilayah Srimulyo.

Hasil yang diharapkan dari adanya program Kampung Pancasila ini adalah meningkatnya kecerdasan masyarakat. Proses interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila akan membentuk pribadi yang unggul. (Foto: Inoeng, Kontribusi: Imana)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image