Berita Desa

Agrowisata, Sasaran Baru Pengembangan Pertanian di Desa Srimulyo

14 Oktober 2020
Administrator
Dibaca 311 Kali
Agrowisata, Sasaran Baru Pengembangan Pertanian di Desa Srimulyo

Piyungan, (Srimulyo Post),- Geliat untuk mengembangkan sektor pertanian terus diperlihatkan oleh Desa Srimulyo. Hal ini tampak salah satunya melalui kegiatan pengembangan agro wisata yang digawangi oleh Gabungan Kelompok Tani Rukun, salah satu lembaga desa di  Desa Srimulyo. “Kami saat ini tengah memulai pengembangan tanaman buah yang kedepannya akan diarahkan menjadi agrowisata yang mendukung pengembangan desa wisata di Desa Srimulyo,” ujar Hasroyo, Ketua Gapoktan Rukun.

Menggunakan tanah desa yang berlokasi bersebarangan dengan objek wisata taman Nggirli, praktis hal ini menjadi langkah strategis untuk pengembangan agrowisata tersebut. Mengingat Kondisi eksisting lahan saat ini berupa lahan tidur dengan semak belukar menjadi kendala sehingga perlu dibantu dengan menggunakan excavator untuk proses dangir lahan tersebut. “Rencananya akan kita kembangkan tanaman buah yang panen jangka panjang seperti klengkeng, jambu dalhari dan juga tanaman buah panen jangka menegah seperti jeruk nipis, pepaya kalifornia dan pisang. Nah, sembari menunggu masa panen kita siasati dengan tanaman yang panen pendek berupa sayuran seperti cabai, tomat, terong dan sebagainya,” terang Tiyas Santosa, Kepala Seksi Kesejateraan yang ikut mendampingi pengolahan lahan yang dimulai pada September 2020 lalu.

Kegiatan ini didanai melalui sharing dana dari kas kegiatan Gapoktan Rukun dan sokongan dana dari APBDesa Srimulyo Tahun 2020. Gapoktan Rukun menyambut positif peran serta desa dalam pengembangan pertanian dan bahkan untuk tahun depan telah masuk di dalam perencanaan APBDesa Tahun Anggaran 2021 kegiatan-kegiatan pendukung lainnya seperti Pelatihan Budidaya Jamur Tiram, Pelatihan Budidaya/Penanaman Bibit Alpukat dan Sengon, serta Pembangunan Rumah Pupuk.

(Foto: Hasroyo, Kontributor: Je)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image