Berita Desa

Paparan Rancangan Rencana Program Kegiatan Bakal Calon Kalurahan Mandiri Budaya Srimulyo

07 Maret 2024
Administrator
Dibaca 69 Kali
Paparan Rancangan Rencana Program Kegiatan Bakal Calon Kalurahan Mandiri Budaya Srimulyo

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Menindaklanjuti surat Sekretaris Daerah DIY Nomor 400.6/685 tanggal 28 Februari 2024 perihal Seleksi dan Penilaian Rancangan Rencana Program, Kegiatan Bakal Calon Desa, Kalurahan Mandiri Budaya Tahun 2024, Pemerintah Kalurahan Srimulyo yang dipimpin langsung oleh Carik Srimulyo, Nurjayanto, S.T. melakukan pemaparan Rancangan Rencana Program/Kegiatan oleh Desa/Kalurahan yang sebelumnya mengajukan surat usulan untuk mengikuti seleksi Calon Desa/ Kalurahan Mandiri Budaya Tahun 2024 pada Selasa (5/3) di Aula Kalurahan Srimulyo.

 

Kalurahan Srimulyo merupakan salah satu dari 8 Kalurahan yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul ke Tingkat Provinsi menjadi Desa/Kalurahan Mandiri Budaya. Adapun desa yang diajukan tersebut yaitu Kalurahan Dlingo, Sitimulyo, Seloharjo, Selopamioro, Triwidadi, Parangtritis, Srimulyo dan Argodadi. Pada desa/kalurahan mandiri budaya yang diajukan tersebut selama ini statusnya minimal sebagai desa budaya dengan kriteria berkembang.

 

Pemaparan dilakukan mulai pukul 10.20 WIB sesuai dengan jadwal yang sudah tertera pada undangan. Carik Srimulyo didampingi oleh Lurah Srimulyo, Ketua Desa Budaya, Ketua Desa Wisata, Ketua Desa Prima, Ketua Desa Preneur dan Pendamping Budaya. Dalam paparan ini, disampaikan beberapa hal terkait rencana pengembangan yang telah direncanakan secara runtut dimulai dari penjelasan mengenai profil wilayah Kalurahan Srimulyo, pemetaan potensi yang ada dan analisis pengembangan yang mungkin dapat dilakukan dan target pengembangannya.

 

Masterplan Desa Mandiri Budaya adalah rencana induk yang bersifat komprehensif dari aspek Kebudayaan, Kepariwisataan, Koperasi dan UMKM, Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat, Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kebencanaan dan Iklim, Kemaritiman untuk mengembangkan sebuah kawasan agar mensejahterakan masyarakat. (Foto: Inoeng, Kontributor: Imana)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image