Seratus Camat dan Kepala Desa se-Kalimatan Timur Bertandang ke Kalurahan Srimulyo

19 November 2021
Administrator
Dibaca 15 Kali
Seratus Camat dan Kepala Desa se-Kalimatan Timur Bertandang ke Kalurahan Srimulyo

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Rabu lalu (17/11), Srimulyo menjadi tuan rumah kegian Rapat Kerja Teknis Pengelolaan Keuangan Desa dan Aset Desa se-Kalimantan Timur yang diselenggarakan oleh Dinas PMPD Provinsi Kalimantan Timur. Hadir membuka kegiatan ini, Kepala Dinas PMPD Provinsi Kalimantan Timur, H.M. Syirajudin, S.H., M.T yang diikuti oleh 100 peserta, diantaranya dari Dinas PMPD Provinsi, Dinas PMD Kabupaten, Camat dan Kepala Desa se-Kalimantan Timur.

 

Kegiatan raker ini fokus pada pembahasan seputar pengelolaan keuangan dan aset desa. Panewu Piyungan, Anton Yulianto, A.P., M.IP. yang hadir memberikan sambutan selamat datang sekaligus menyampaikan keistimewaan DIY beserta kewenangan kapanewon dan desa berkait hal tersebut.  Lurah Srimulyo, Drs. Wajiran menyampaikan tentang Profil dan Inovasi Desa Srimulyo. Sementara itu, Carik Srimulyo, Nurjayanto, S.T. menjelaskan hal ikhwal tentang  Pengelolaan  Keuangan Desa dan Siskeudes serta menyampaikan sistem dan inovasi yang dibangun berkaitan dengan tertib dan disiplin anggaran dalam pengelolaan keuangan desa.

"Sekretaris Desa menjadi aktor kunci dalam suksesnya penatausaahaan keuangan desa hingga disajikan menjadi pelaporan dan pertanggungjawaban. Dan kita tahu, bahwa suksesnya pengelolaan keuangan ini akan menumbuhkan "trust" masyarakat yang akhirnya berdampak positif pada partisipasi masyarakat dalam pembangunan yang optimal" pungkas Nurjayanto menutup sesi diskusi panel.

 

Usai rapat kerja dilaksanakan, para peserta selanjutnya dibawa menuju ke salah satu sampel "One Padukuhan One Product", yakni Padukuhan Bintaran Wetan sebagai Kampung Wisata Kali. Ediyana, Ketua Pengelola Destinasi Wisata Pasar Kebon Empring turut memaparkan bagaimana destinasi ini dibangun dari nol melalui inisiasi dan partisipasi masyarakat. Selain itu, diulas pula bagaimanakah dukungan Pemerintah Kalurahan dan Pokdarwis Kalurahan Srimulyo dalam menjaga eksistensi destinasi ini bersama 18 destinasi lain yang ada di Srimulyo.

(Foto: Inoeng, Kontributor:Je)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image