Berita Desa

Dorong Percepatan Vaksinasi Covid-19, Kalurahan Srimulyo Lakukan Gerakan "Srimulyo Geger Vaksin”

27 September 2021
Administrator
Dibaca 31 Kali
Dorong Percepatan Vaksinasi Covid-19, Kalurahan Srimulyo Lakukan Gerakan

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- 

Rabu (22/09/2021) bertempat di Gelora Prapto Raharjo, Srimulyo, Pemerintah Kalurahan Srimulyo bersinergi Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dan Puskesmas Piyungan mengadakan pemberian vaksin covid-19 untuk masyarakat Kalurahan Srimulyo dengan usia rentang usia > 18 Tahun yang sebelumnya sudah mendaftar melalui Bapak/Ibu Dukuh Kalurahan Srimulyo.

Kegiatan ini menggandeng volunteer atau relawan lintas Lembaga/organisasi, diantaranya Karang Taruna, PKK, Pokdarwis, KKN kader dan tenaga Kesehatan dari berbagai instansi.

Jenis vaksin yang dipakai dalam kegiatan tersebut yaitu vaksin Sinovac produksi Bio Farma yang bersumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dengan jumlah 1000 Dosis. Pelayanan dimulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 12.00 WIB dengan membawa KTP dan undangan yang sudah diberikan sebelumnya. Antusias warga masyarakat Kalurahan Srimulyo sangatlah tinggi dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mendaftar untuk melakukan vaksin pada hari tersebut. Peserta vaksinasi dibagi menjadi 2 loket, masing-masing dengan 500 peserta. Sebelum diberikan vaksin para peserta diminta untuk mengisi skrining yaitu berupa riwayat kesehatan masing-masing setelah itu  para peserta akan diperiksa suhu, tensi dan juga keluhan-keluhan lainnya. Apabila ditemukan peserta yang memiliki suhu tubuh, tensi di atas normal maka pemberian vaksin ditunda sampai normal kembali. Tiap-tiap loket berisi 10 meja pemeriksaan tensi, 5 meja screening dan 13 tenaga input data .

Selama pemberian vaksin ini tetap memperhatikan protokol kesehatan dan berjalan lancar. Peserta yang sudah divaksin diminta untuk tetap ditempat untuk observasi yang bertujuan untuk melihat apakah ada gejala atau tidak setelah divaksin serta mengambil kartu vaksin yang sudah dicetak oleh tenaga input data yang dibantu oleh Ibu-ibu PKK Kalurahan Srimulyo. Selanjutnya pemberian vaksin tahap kedua di kloter pertama ini akan dilakukan pada tanggal 23 Oktober 2021. 

Berikut hasil vaksinasi tanggal 22 September 2021 Di GOR Srimulyo :

  • Sasaran 1000
  • Hadir 1032
  • Di vaksin 985
  • Batal 47 
  • Tunda 0
  • Vaksin :  970 dosis

“Yuuk Ikut vaksin !! Jangan Takut untuk vaksin karena dengan vaksin dapat membantu, mencegah dan mengurangi gejala Covid-19 serta mempercepat herd immunity. Pandemi covid-19 belum usai, tetap gunakan masker dimana pun berada, jangan lengah dan terus tingkatkan kewaspadaan serta tetap meningkatkan pola hidup sehat.”

(Foto: Inoeng, Kontributor: Imana)

 

#vaksinsrimulyo

#gegervaksin

#kalurahansrimulyo

#kapanewonpiyungan

#bantul

#yogyakarta

.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image