Berita Desa

Belajar Bersama 38 Kepala Kampung se Kabupaten Supiori Papua

19 Mei 2022
Administrator
Dibaca 29 Kali
Belajar Bersama 38 Kepala Kampung se Kabupaten Supiori Papua

Piyungan (Kabar Gerbang Madu) Selasa (17/5/2022) Kalurahan Srimulyo menerima kunjungan lapangan dari 38 kepala kampung , 38 anggota badan musyawarah kampung (bamuskam), para kepala dinas, kepala bidang, dan kepala distrik (camat) se Kabupaten Supiori, Provinsi Papua. Rombongan yang langsung dipimpin oleh Asek III Setda Kabupaten Supiori, Drs Hasan Nunsi mengambil tema dalam acara tersebut yaitu Gotong royong merupakan modal utama membangun kampung.

 

Lurah Srimulyo Drs Wajiran merasa bahagia dengan kedatangan saudara dari Kabupaten Supiori Papua. Menjadi lurah, kepala desa, atau kepala kampung itu merupakan pekerjaan yang mulia. Untuk itu harus dijalankan dengan suasana gembira. “Seorang kepala kampung harus mampu menularkan kegembiraan ke warga. Buatlah warga senang,” tegas Wajiran.

 

Menurut Drs. Wajiran, menjadi lurah atau kepala kampung tujuannya hanya satu, yakni mensejahterakan warga. Namun pemimpin harus sejahtera dulu. “Pembina harus tahu, maka bupati, kepala dinas, kepala distrik dan lainnya, harus berupaya untuk mensejahterakan para lurah atau kepala kampung,” Imbuhnya.

 

Sedangkan Carik Srimulyo, Nurjayanto ST menambahkan dengan program “One Padukuhan One Product”, kini di Kalurahan Srimulyo ada Kampung Emping, Kampung Wisata Kali, Kampung Sehat, dan lainnya. Warga padusunan didorong untuk mengenali produk unggulan dan mengembangkannya, agar bernilai ekonomi tinggi.

 

Tidak hanya pemerintah kalurahan srimulyo, Camat atau Panewu Piyungan, Muhamad Baried MM juga berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Supiori yang telah memilih Kalurahan Srimulyo Kapanewon Piyungan menjadi tempat studi tiru atau belajar mengelola kampung. Srimulyo dengan slogan “Gerbang Madu” merupakan kalurahan dengan layanan prima, menerapkan sistem antrean digital, dan sistem keuangan desa yang bisa diakses warga sehingga sangat layak untuk menjadi tempat belajar bersama bagaimana cara membangun kampung.

 

Usai pemaparan dari Camat Piyungan, Lurah Srimulyo, dan Carik Srimulyo, para kepala kampung berserta rombongan dari Kabupaten Supiori melihat langsung obyek wisata yang wisata Kebon Empring di Padukuhan Bintaran Wetan. Destinasi wisata ini berada di antara rerimbunan tanaman bambu di pinggir Sungai Gawe. (Foto: Wiradesa, Kontributor:Imana)

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image