Berita Desa

Kunjungan Kerja DIRJEN CIRDAP Ke Kalurahan Srimulyo

15 Juni 2022
Administrator
Dibaca 19 Kali
Kunjungan Kerja DIRJEN CIRDAP Ke Kalurahan Srimulyo

Piyungan (Kabar Gerbang Madu),- Kalurahan Srimulyo dipercaya menjadi tempat dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja Direktur Jenderal CIRDAP di Indonesia pada hari Rabu (15/6) pada pukul 13.00 WIB. Hal tersebut adalah tindaklanjut Technical Committee (TC-36) Centre On Integrated Rural Development For Asia and The Pacific (CIRDAP) tahun 2021. Kalurahan Srimulyo terpilih menjadi salah satu tempat yang dikunjungi oleh Dirjen CIRDAP karena Kalurahan Srimulyo merupakan salah satu desa yang memiliki keunggulan dalam pemanfaatan teknologi informasi (IT) menuju Desa Digital pada penyelenggaraan pemerintah desa.

 

Dalam kunjungan kali ini Direktur Jenderal CIRDAP, DR. Cherdsak Virapat didampingi oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri, Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd beserta Jajaran meninjau langsung kegiatan tata kelola pemerintahan Kalurahan Srimulyo. Direktur Jenderal CIRDAP, DR. Cherdsak Virapat disambut langsung oleh Lurah Kalurahan Srimulyo, Drs. Wajiran serta Carik Kalurahan Srimulyo, Nurjayanto, S.T, Pamong kalurahan srimulyo beserta TP-PKK Kalurahan Srimulyo.

 

Acara diawali dengan sambutan langsung dari Grup Kulintang Bahana Puspa Kalurahan Srimulyo serta Tamu disuguhkan Tari Gambyong dari Gandhewa Kencana Desa Budaya Srimulyo. Acara semakin meriah dengan adanya gending-gending jawa yang dibawakan langsung oleh grup kesenian yang ada di kalurahan Srimulyo. Setelah menikmati jamuan makanan dan kesenian acara dilanjutkan dengan melihat langsung produk-produk UMKM yang ada di wilayah Kalurahan Srimulyo atau yang biasanya dinamakan OPOP (One Product One Pedukuhan). Tidak hanya melihat UMKM saja  akan tetapi Direktur Jenderal CIRDAP, DR. Cherdsak Virapat beserta tamu undangan yang lain langsung menuju ke kantor Pelayanan yang ada di Kalurahan Srimulyo yang menjadi tujuan utama dalam kunjungan kali ini.

 

Acara dilanjutkan dengan acara paparan oleh Drs. Wajiran, Lurah Kalurahan Srimulyo yang bertempat di Aula Kalurahan Srimulyo. Dalam sambutannya beliau berterimakasih kepada seluruh tamu undangan khususnya Dirjen CIRDAP, DR. Cherdsak Virapat beserta Rombongan yang telah berkenan hadir mengunjungi Kalurahan Srimulyo. Kemudian dilanjutkan dengan melihat video yang telah ditayangkan pada layar sekilas tentang Srimulyo.

 

Setelah itu, Kepala Biro Tapem Setda DIY, HET. Wahyu Nugroho, S.IP., M.Si., juga menyampaikan pesan bahwa Iptek yang menjadi komponen utama kemajuan peradaban, penguasaannya harus dihidupkan di setiap kalurahan, sehingga mendorong sebuah gerakan kebudayaan yang bernama "Jogja Gumregah". Yang paling utama yaitu  penguasaan Iptek diarahkan untuk meningkatkan pelayanan publik oleh Pemerintah Kaluirahan dan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi baru di kalurahan. Kalurahan Srimulyo sudah memulainya dengan menciptakan sejumlah aplikasi layanan dan pengaduan masyarakat.

 

“Saya disini sangat senang disambut secara tradisional dengan cara yang mewah dan meriah, saya tau saudara-saudara disini sudah bekerja keras untuk memiliki gambar-gambar saya, seperti ada persiapan yang luar biasa. Saya juga sangat berkesan dan berterimakasih mengapresiasi kerja keras dari teman-teman di Srimulyo,” Ujar DR. Cherdsak Virapat dalam sambutannya. Tidak hanya memberi sambutan, beliau berpesan semoga wabah covid-19 segera berakhir. Acara ditutup dengan berfoto bersama dan kemudian Rombongan Tamu meninggalkan kalurahan Srimulyo pada pukul 15.00 WIB.(Foto: Inoeng, Kontributor: Imana)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image